Selasa, 22 Oktober 2013

Ahlussunah Waljama'ah

AKU BELAJAR ASWAJA

Selasa, 22 Oktober 2013, Pertama kali mendengar kata ASWAJA, aku selalu ingat kepanjangannya yaitu Ahlussunnah Waljama’ah. Akan tetapi, ketika aku disuruh untuk menjelaskan apa itu ASWAJA...???. Akupun kadang berfikir lagi, apa sih itu ASWAJA...???. Sampai akhirnya aku berusaha mencari buku tentang ASWAJA. Alhamdulillah, pencarian pun membuahkan hasil, ternyata buku tentang ASWAJA ada di lemari sekretariat PC IPNU-IPPNU Purbalingga. Aku coba pandangi cover bukunya lalu aku baca buku tersebut dari halaman satu, halaman dua, halaman tiga dan seterusnya..... sampai seluruh isi buku tersebut.

Ternyata hanya dalam satu hari saja, buku tersebut rampung aku baca semuanya. Lalu aku taruh lagi buku tersebut di lemari. Tapi anehnya, kenapa apa yang sudah aku baca, sulit aku pahami, yang masih aku ingat adalah bahwa ASWAJA itu adalah faham Ahlussunah Waljama’ah yaitu faham yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an, Al-Hadist, amaliyah para sahabat Nabi dan Ijma para ulama.

Hari berikutnya Kamis, 1 agustus 2013 aku main ke sekretariat PC IPNU-IPPNU Purbalingga, ternyata ada selebaran yang ditempel di dinding. Aku coba saja baca selebaran tersebut. “Ikutilah Disikusi ASWAJA di MTs Al Hikmah Kalikabong dengan pembicara Gus Basyir Fadlulloh, M.Pd.I, mulai pukul 18.00-21.00, ternyata itu isi selebarannya. “wah, ternyata ada kegiatan diskusi ASWAJA yang diadakan oleh Departemen Kajian Keilmuan PC IPNU-IPPNU Purbalingga, sepertinya ini menarik, baiklah aku akan ikut”. Kataku di dalam hati.

Sabtu, 3 Agustus 2013 aku datang ke MTs Al Hikmah Kalikabong. Sesampainya disana, ternyata banyak juga yang ikut. Ada yang dari karangmoncol, Kelapa sawit, Belik, Bukateja, Babakan, Kaligondang, Rembang, Bojanegara, Mrebet dll. Sungguh luar biasa, “ternyata ASWAJA CLUB banyak juga yaa..”, pikirku (ASWAJA CLUB istilah yang aku buat sendiri... hee....).

Jam 18.30 acara diskusi dimulai dan di isi oleh Gus Basyir. Beliau menyampaikan bahwa “ ASWAJA adalah pola pikir yang mengarah dan harus di implementasi (sebagai pondasi dasar gerakan). Pola pikir tersebut adalah pola pikir yang menggunakan metode ilmiah dalam segala keilmuan yang komprehensif. Ada tiga poin dalam ASWAJA yaitu :

1. Ahlu hadist= porsi akal tidak lebih (literalis).

2. Ahlud nadtir

3. Ahlu tasawuf

Aswaja mengajak kita semua untuk memperbaiki diri sendiri (kuntum khairo umah). Aswaja juga mengajak kita untuk berfikir kritis, empiris dan metodologis.

1. Aswaja adalah sebagai paradigma atau sebagai manhajul harakah, dari mulai cara pandang selanjutnya ke cara pergerakan.

2. Cara berfikir.

Aswaja 3 :

1. Ahlu hadist-------khobar as shodiq --------------

A. Khobarullah

B. Khobarul rasul

C. Ijmak ulama.

2. Ahlu nadzri -----alkhobar ashodiq -----------

A. Khibarullah

B. Khobarul rasul

C. Ijmak ulama.
Al-aqlu assalim -----------1. Al ibdai (kreatif) 2. Al-’ilmi (ilmiah) 3. Alnaqdi (kritis)
Al-howas as-salim------1. Mabdai 2. alhobar asodiq 3. ahlunadri
3. Ahlu tasawuf
ilham dan khasaf
Semua itu akan menghasilkan sebuah masalah satu akidah, fiqih, tasawuf, politik dan dakwah. Dan harapan semua masalah itu dapat diselesaikan dengan cara tawasut, tawazun dan tasamuh serta ta’adul.

Selama penyampaian materi dan diskusi saya hanya diam, mencermati, memperhatikan dan meresapi semua apa yang telah disampaikan oleh pembicara. “ooh ternyata ilmu ASWAJA begitu kompleks, luar biasa...!.”. Gumam ku dalam hati.

Di akhir diskusi Gus Basyir berpesan agar ASWAJA CLUB Purbalingga diharapkan tidak hanya mengkaji saja tetapi mereka juga harus dibekali ilmu. Selain itu, beliau juga berharap semoga pengurus PC IPNU-IPPNU Purbalingga SELALU SEMANGAT dalam mengemban amanahnya dan terus meningkatkan kelimuannya dengan jalan mengadakan kegiatan diskusi ataupun yang lain.

Betapa hatiku senang rasanya mengikuti acara tersebut, karena saya bisa bertemu dengan pembicara yang paham betul tentang ASWAJA, bisa bertemu dengan Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Purbalingga yang luar biasa dan juga menambah teman baru serta dapat bersilaturahim khususnya dengan rekan-rekanita dari seluruh kecamatan maupun desa di Purbalingga.

Maju Terus, Pantang Menyerah untuk IPNU-IPPNU Purbalingga..!

............Belajar, Berjuang dan Bertaqwa.............



Redaksi : Bagas Prakoso
Kontributor : Rokhmat Mualim









Tidak ada komentar: