Minggu, 20 Juli 2014

Laporan Kegiatan LAKMUD '1



LAPORAN KEGIATAN LAKMUD

A.                                                                                                       PENDAHULUAN

Segala puji hanya milik Allah SWT, Tuhan yang telah memberikan segala nikmat dan hidayah-Nya kepada seluruh alam. Sehingga sampai sekarang ini kami masih dikaruniai limpahan rahmat untuk senantiasa bersyukur dengan selalu mengahrap ridho-Nya. Dan kepada-Nya kami mohon perlindungan dari segala urusan dunia dan agama. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, serta orang-orang yang senantiasa berjalan atas sunnahnya. Amin.
Pendidikan dalam organisai merupakan hal terpenting supaya organisai menjadi survive dalam upaya pengkaderan dan pengembangan organisasi, begitu pula PC IPNU IPPNU Purbalingga, demi terbentuknya pelajar yang berpengalaman dan berilmu yang luas serta kritis dalam semua hal yang ada dan tentunya tidak meninggalkan unsur ketaqwaan yang mendalam. Dari dasar inilah pengurus Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Purbalingga bergerak untuk pelajar di Indonesia khususnya Pelajar NU di Purbalingga, dan juga bentuk dari pengkaderan formal setelah mengikuti MAKESTA, maka terselenggaranya kegiatan LAKMUD 2014 ini. Panitia Latihan Kader Muda ( LAKMUD ) mempunyai peran tersebut diatas, yang mana dalam pelaksanaanya dikemas dengan rapi dan diatur dengan seksama karena LAKMUD terkait dengan organisasi.
Kaderisasi sebagai suatu media dimana nilai-nilai luhur Islam Aswaja ( Moderat, toleran, kasih sayang ), Tradisi, etos perjuangan, militansi dan tanggung jawab sosial, harus tetap disebarkan dan ditanamkan kepada ” Generasi Baru NU”.  LAKMUD sebagai salah satu media penanaman nilai-nilai, teori dan gagasan luhur diberikan kepada Generasi Baru Nahdlatul Ulama, tentunya harus dilaksanakan sebagai upaya pengawal Aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah.
LAKMUD ditangani oleh PC IPNU IPPNU Purbalingga di bawah Departemen Organisasi membentuk Tim Steering Committee (SC) selaku konseptor dan Tim Organizing Commite (OC) selaku pelaksana teknis. Dengan beberapa hal diatas panitia dapat mengetahui job discriptionya masing-masing, sehingga terbentuk kepanitiaan yang baik dan secara bersama-sama menangani kegiatan. Selama kurang lebih satu bulan panitia LAKMUD telah dipersiapkan guna merealisasikan konsep-konsep yang telah dibentuk. .
Kegiatan LAKMUD ( Latihan Kader Muda) 2014 telah kita laksanakan dengan segala kemampuan yang kita miliki. Hingga akhirnya, dengan usaha dan kerja keras dalam suatu kerjasama yang baik itu maka kegiatan ini dapat terlaksanakan dengan hasil yang membanggakan. Semoga berkah, amin. Meskipun demikian kami memohon maaf jika didalam memberikan pelayanan dan laporan LAKMUD 2014 PC IPNU IPPNU Purbalingga ini masih terdapat banyak kekurangan.
Kegiatan LAKMUD 2014 ini tidak bisa berjalan dengan baik dan lacar tanpa adanya kesinergisan dalam sebuah tim yang disebut panitia. Serta tidak akan berhasil pula jika tidak didukung oleh berbagai pihak, karena itu kami selaku panitia LAKMUD dengan segala kerendahan hati dan rasa terimakasih kami sampaikan kepada:
1.      Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Purbalingga Bapak H. Suroso Abdul Rozak ,S.E.
2.      Ketua Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Purbalingga
3.      Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Anshor Purbalingga
4.      Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Purbalingga
5.      Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Purbalingga
6.      Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Purbalingga
7.      Pengurus Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Bojongsari selaku tuan rumah dan juga telah banyak membantu dalam hal teknis LAKMUD 2014.
8.      Kepala Madrasal Ibtidaiyyah Maarif 01 Kajongan yang telah berkenan meminjamkan tempat untuk kegiatan LAKMUD.
9.      Teman-teman panitia Organizing Committee yang telah bekerjasama demi suksesnya kegiatan LAKMUD 2014.
10.  Bapak dan ibu donatur kegiatan LAKMUD 2014.
11.  Dan kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu

Suksesnya kegiatan LAKMUD ini merupakan kesuksesan kita bersama, dan kami yakin dalam kegiatan tersebut tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Maka dari itu, saran dan kritik konstruktif senantiasa kami harapkan agar kegiatan serupa dimasa mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan lebih terarah.
Semoga segala bentuk partisipasi dan bantuan dari semua pihak dapat diterima sebagai nilai amal ibadah bagi kita semua. Amin.

Purbalingga, 18 juli 2014 M
20 Ramadhan 1435 H

Panitia LAKMUD PC IPNU IPPNU Purbalingga
Ilmu kucari amal kuberi untuk Agama Bangsa Negeri

B.     NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama LATIHAN KADER MUDA ( LAKMUD ) PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA dan  IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA Kabupaten Purbalingga Tahun 2014

C.   WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan LAKMUD dilaksanakan pada :
            Hari                 : Jum’at, Sabtu, s.d Ahad
            Tanggal          : 11 – 12 – 13 Juli 2014 M
  13 – 14 – 15 Ramadlan 1435 H
            Waktu             : Pukul 09:00 WIB sampai selesai
           Tempat           : MI Ma’arif NU 01 Kajongan Kecamatan Bojongsari Purbalingga 

D.  PESERTA
Pada kegitan ini peserta berjumlah 46 rekan/rekanita yang didelegasikan oleh 9 PAC IPNU IPPNU DI Purbalingga terdiri dari :
1.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Karangmoncol sebanyak 5 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 2 Rekanita.
2.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Karanganyar sebanyak 6 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 3 Rekanita.
3.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Mrebet sebanyak 5 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 2 Rekanita.
4.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Bojongsari sebanyak 5 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 2 Rekanita.
5.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Padamara  sebanyak 5 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 2 Rekanita.
6.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Kejobong sebanyak 6 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 3 Rekanita.
7.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Kemangkon  sebanyak 6 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 3 Rekanita.
8.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Bukateja sebanyak 6 Peserta terdiri dari  3 Rekan dan 3 Rekanita.
9.    Perwakilan dari PAC IPNU IPPNU Kalimanah sebanyak 4 Peserta terdiri dari  2 Rekan dan 2 Rekanita.

E.   URAIAN UMUM KEGIATAN
Hari Pertama yaitu hari Jum’at, 11 Juli 2014 pukul 08.00 WIB  tahap pengkondisian dan registrasi peserta kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 dalam pembukaan dibuka oleh pembawa acara, lantunan Ayat Suci Al Quran yang di kumandangkan oleh Rekan Ahmad Zahid dari Karanganyar, memyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IPNU IPPNU, laporan Panitia oleh Rekan Adi Prio Utomo dan sambutan yang pertama oleh ketua PC IPPNU IPPNu yang di wakilkan oleh Rekan Sakhirin menjelaskan tentang pentingnya berorganisasi dan pendidikan organisasi salah satunya adalah LAKMUD. Sambutan kedua oleh PC NU yang di wakilkan oleh ketua PC NU Purbalingga yaitu Ayahanda Suroso yang mengapresiasi kegiyatan LAKMUD dan bangga kepada anak – anaknya semoga menjadi kader yang bisa membawa NU lebih baik dan bermartabat. Sambutan ketiga oleh PW IPNU IPPNU Jawa Tengah oleh Rekan Amir Muhammad Zuhdi. Sambutan ke empat oleh Bupati Purbalingga beliau Bapak Sukento ridho Marhaendiyanto, MM yang mengapresiasi kegiatan IPNU IPPNU di Purbalingga dan banyak memberikan motivasi kepada para peserta. Setelah pembukaan dilanjutkan pemamparan dari Lembaga Perekonomian NU. Setelah istirahat sholat jumat dilanjutkan kegiyatan dengan mulai materi. Materi pertama oleh PW IPNU dengan tema “Analisis Diri” sampai 60 menit, materi kedua adalah terkait sejarah dan Garis – garis Perjuangan IPNU IPPNU oleh Rekan Amir Muhammad Zuhdi selama 60 menit. Dilanjutkan dengan forum fasilitator yang di pimpin oleh Rekan Rokhmat Mualim yang mengulas tentang materi yang telah di berikan bersama peserta. KULTUM oleh peserta sambil menunggu waktu berbuka puasa, materi ketiga  Ahlussunah wal jamaa;h yang menjadi nara sumber adalah Gus Basyir Fadlulloh, M.Pd.I., materi ke empat adalah Pengantar Ideologi dunia oleh Supriyanto, Lc., MSI. Diulas lagi dalam forum Fasilitator oleh Rekan Zulfikar dan Rekan Rokhmat Mualim. Setelah itu istirahat sampai sahur di hari berikutinya.
Hari kedua  sabtu, 12 Juli 2014 diawali dengan sahur bersama dan shalat subuh berjamaah dilanjutkan dengan olahraga pagi yang dipandu oleh rekan Zulfikar sampai pukul 06.00 kemudian MCK sampai pukul 08.00. setelah itu dilanjutkan materi kelima  Manajemen Organisasi (SWOT) oleh bapak Sudarto, S.Ag. sampai 1 jam kedepan. Materi keenam Gerakan Islam di Indonesia dan Sejarahnya yang di isi oleh Bapak Sukhedi, kemudian istirahat shalat Dhuhur berjamaah dilanjut dengan materi ketujuh yaitu Studi Gender oleh ibu Dra. Dartini selama 60 menet, yang dilanjut dengan istirahat shalat asar dan forum fasilitator serta KULTUM untuk menyambut waktu berbuka puasa, shalat maghrib dilanjutkan dengan one day one juz oleh para peserta sampai waktu isya dan shlat tarowih berjamar. Materi kedelapan oleh Agus Sukoco tentang Analisis Sosial yang dilanjutkan materi sembilan adalah develepmentalisme oleh Bapak Kyai Alimmudin serta motivasi religi. Kemudian forum fasilitator dan prakata kepanitiaan menyampaikan permohonan maaf kepada peserta dan apresiasi. Kemudian istirahat sampai menunggu sahur.
Hari ketiga Ahad, 13 Juli 2014 dimulai dengan sahur bersama dan shalat subuh berjamaah serta game leadership di lapangan dari pukul 03.00 – 06.00 WIB Sebelum menyambut materi kesepuluh peserta di beri waktu untuk mandi cuci kaki selama 120 menit. Materi ke sepuluh adalah Secience Problem Solving oleh Hasan Asy’ari, S.Pd.I., MSI. Dan materi kesebelas yaitu Leadership oleh Musmualim, S.Pd.I. yang ditutup dengan agenda upacara penutupan dengan mengumumkan 4 kategori pesereta terbaik, yaitu peserta terkritis, peserta terrapih, pserta tersopan, dan peserta terbaik. Sambutan dari ketua PC IPNU IPPNU Purbalingga dan menutup acara LAKMUD.

F.   LAPORAN PENGGUNAAN ANGGARAN
PEMASUKAN

NO
Tgl/bln/thn
Nama
Besaranya
1.
06/07/2014
Hayat dari donatur
 Rp 645.000
2.
07/07/2014
PAC IPNU IPPNU KALIMANAH
Rp 200.000


PAC IPNU IPPNU Karangmoncol
Rp 250.000


PAC IPNU IPPNU Bukateja
Rp 300.000


PAC IPNU IPPNU Kemangkon
Rp 300.000


PAC IPNU IPPNU Kejobong
Rp 300.000


PAC IPNU IPPNU Bojongsari
Rp 250.000
3.
11/07/2014
PAC IPNU IPPNU Mrebet
Rp 250.000


PAC IPNU IPPNU Karanganyar
Rp 300.000


PAC IPNU IPPNU Padamara
Rp 250.000


Donatur (Hamba Alloh)
Rp 135.000


Donatur
Rp 385.000
4.
12/07/2014
BMT BUANA NAWA KARTIKA PBG
Rp 200.000


PC IPNU
Rp 450.000


PC IPPNU
Rp 350.000


Panitia
Rp 380.000
JUMLAH
Rp 4.945.000

PENGELUARAN

No.
Tgl/bln/thn
Nama Kebutuhan
Volume
Harga Satuan
Jumlah
KESEKRETARIATAN
1.
07/07/2014
Kertas HVS
1 Rim
@Rp. 40.000
Rp. 40.000
2.
26/06/2014
Foto copy materi
120 lembar
@Rp. 175
Rp. 21.000
3.
25/06/2014
Stempel Panitia
1 Buah
@Rp. 25.000
Rp. 25.000
4.
10/07/2014
Co-Card Peserta
60 Buah
@Rp. 600
Rp. 36.000
5.
07/07/2014
Foto copy
195
@Rp. 175
Rp. 36.000
6.
10/07/2014
Kaos Peserta putri
30 Buah
@Rp. 35.000
Rp. 1.050.000
7.
10/07/2014
Kaos Peserta putra
30 Buah
@Rp. 30.000
Rp. 900.000
8.
14/07/2014
Kaos Panitia
20 buah
@Rp. 17.500
Rp. 350.000
9.
10/07/2014
Cinderamata 20x20
10 Buah
@Rp. 30.000
Rp. 300.000
10.
10/07/2014
Cinderamata 20x35
2 buah
@Rp. 35.000
Rp. 70.000
11.
10/07/2014
Kertas Sertifikat
100 Lembar
@Rp. 350
Rp. 35.000
12.
19/07/2014
LPJ
3 Buah
@Rp. 50.000
Rp. 150.000
13.
25/06/2014
Mika
30 buah
@Rp. 500
Rp. 15.000
14.
11/07/2014
Foto copy game
60 buah
@Rp. 175
Rp. 9.000
15.
25/06/2014
Amplop
1 Dus
@Rp. 20.000
Rp. 20.000
16.
25/06/2014
Lakban
1 Buah
@Rp. 7.000
Rp. 7.000
17.
19/07/2014
Sticker


Rp. 132.000
18.
12/07/2014
Foto Copy materi


Rp. 40.000
Sub Total
Rp. 3.236.000
KONSUMSI
1.
10/07/2014
Konsumsi Panitia lokal


Rp. 70.000
2.
11/07/2014
Konsumsi Panitia


Rp. 75.000
3.
11/07/2014
Rokok PtoMild
3 bungkus
@RP. 10.000
Rp. 30.000
4.
12/07/2014
Kacang garing
3 kg
@Rp. 15.300
Rp. 46. 000
5.

Seripng boled
1 bal
@Rp.10.000
Rp. 10.000
6.

Kopi kapal api
1 buah
@Rp.14.500
Rp. 14.500
7.

Gula pasir 1,5 kg
1 Buah
@Rp.50.000
Rp. 50. 000
8.

Teh celup
1 bungkus
@Rp.4.500
Rp.  4.500
9.

Pro Mild
5 bungkus
@Rp.10.500
Rp. 52.500
10.

Super
1 bungkus
@Rp.11.500
Rp. 11.500
11.

234
1 bungkus
@Rp.12.500
Rp. 12.500
12.

Permen kis
1 bungkus
@Rp.7.500
Rp. 7.500
13.

Pro Mild
4 bungkus
@Rp.10.500
Rp. 42.000
14.

Permen kis
1 bungkus
@Rp.7.500
Rp. 7.500
15.

Bebek goreng


Rp. 72.000
Sub Total
Rp. 505. 500
ACARA
1.
12/07/2014
Pembicara
6 Orang

Rp. 1.100.000
2.

Kebersihan
1 orang

Rp.      70.000
Sub Total
Rp. 1.170.000
DOKUMENTASI
1.
10/07/2014
Banner 4x3m2
1 Buah
@Rp. 20.000
Rp. 240.000
2.

Banner 1x3m2
1 Buah
@ Rp.20. 000
Rp. 60.000
Sub Total
Rp. 300.000
HUMAS
1.
12/07/2014
Transportasi


Rp. 60.000
2.

Komunikasi


Rp. 50.000
Sub Total
Rp. 110.000
PERLENGKAPAN
1.
12/07/2014
Sound sistem


Rp. 150.000
Sub Total
Rp. 150.000

Total Pengeluaran
No
Seksi – seksi
Keperluan
1.
Kesekretariatan
Rp. 3.236.000
2.
Konsumsi
Rp. 505. 500
3.
Acara
Rp. 1.170.000
4.
Dokumentasi
Rp. 300.000
5.
Humas
Rp. 110.000
6.
Perlengkapan
Rp. 150.000
jumlah total
Rp. 5.471.500

Pemasukan
Rp. 4.945.000
Pengeluaran
Rp. 5.471.500
Kekurangan
-Rp. 526.500

G.   HAMBATAN – HAMBATAN
Dalam setiap kegiatan tidaklah seperti apa yang di rencanakan semua pasti ada hambatan dan cobaan yang dihadapi oleh panitia. Meskipun secara umum boleh dikatakan bahwa kegiatan LATIHAN KADER MUDA PC IPNU IPPNU PURBALINGGA tahun ini sukses, namun ada beberapa hal yang perlu dievaluasi agar kedepan menjadi lebih baik.
Internal kepanitiaan
Untuk kepanitiaan perlu disiapkan lebih dini dan pembekalan yang cukup, karena ini mutlak diperlukan agar bisa memberi pengarahan. Maksud dari pengarahan itu adalah apa yang dikonsepkan tercapai dengan baik kepada kawan-kawan. Dari sini tentunya seluruh panitia harus menguasai konsep secara penuh, karena penguasaan konsep oleh panitia itulah yang menjadi patokan tauladan peserta.
Koordinasi yang lebih intent oleh semua unsur kepanitiaan, dengan begitu tidak terjadi miss communication antara panitia yang satu dnegan yang lainya.
Dalam rapat diperlukan adanya rasa kesadaran bahkan sesadar-sadarnya untuk mengeluarkan pendapat yang konstruktif serta solutif juga saling menghargai tidak berdasarkan ego masing-masing, dengan begitu tidak memperkeruh masalah-masalah dan cepat teratasi.
Eksternal
Kurangnya link terkait dengan sumber pendanann yang mengakibatkan kinerja panitia sedikit terhambat.
Karena kegiatan LAKMUD bersamaan dengan bulan puasa menjadikan kurangnya maksimalisasi pemberian materi terhadap peserta.

H.  KESIMPULAN
Dari pemaparan tersebut, maka kami memberikan beberapa catatan yang diharapkan menjadi pertimbangan pelaksanaan di lain kali:
1.       Menentukan kualifikasi kepanitiaan yang benar-benar selektif
2.       Kematangan persiapan kepanitiaan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, paling tidak satu bulan sebelumnya.
3.       Melakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak yang terkait baik internal maupun eksternl.
4.       Penyediaan fasilitas yang bisa digunakan dengan baik dan benar oleh pihak yang terkait
5.       LAKMUD selanjutnya untuk dilakukan di PAC IPNU IPPNU di Purbalingga.

I.     PENUTUP
Demikianlah laporan pertanggungjawban dari Panitia LAKMUD. “taka da gading yang tak retak” adalah ungkapan ataas hasil kerja kami. Segala kekuranagan dan kesalahan tak pernah luput atas kerja keras dan kemampuan maksimal mungkin kami lakukan demi terlaksana LAKMUD. Semoga laporan kegiatan ini dapat mewakili segala proses yang terjadi pada kegiatan tersebut. Saran dan keritik tentu akan kami evaluasi bersama dan perubahan yang terjasi  dan lebih baik kedepanya. Beribu maaf dan terimakasih kami ucaapkan kepada pihak yang terkait, tanpa bantuan mereka acara kurang sempurna.



Purbalingga, 18 Juli 2014 M
20 Ramadhan 1435 H



Panitia LAKMUD I
PC IPNU IPPNU KABUPATEN PURBALINGGA 2014

Ketua PANITIA



YUYUN WULANDARI
NIA. 13.XI.22.07.0003
Sekretaris



EKO WALUYO
NIA. 13.XI.22.07.0015

Mengetahui,

Ketua PC IPNU Purbalingga



S A K H I R I N
NIA. 13.XI.22.07.0001
Ketua PC IPPNU Purbalingga



UNI MUNAWAROH
NIA. 13.XI.22.07.0001


Tidak ada komentar: